Undang-Undang Tentang Perkebunan Kelapa Sawit

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Perkebunan adalah segala kegiatan yang mengusahakan tanaman tertentu pada tanah dan/atau media tumbuh lainnya dalam ekosistem yang sesuai; mengolah, dan memasarkan barang dan jasa hasil tanaman tersebut, dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi, permodalan serta manajemen untuk mewujudkan kesejahteraan bagi pelaku usaha perkebunan dan masyarakat. Tanaman yang ditanam bukanlah tanaman yang menjadi makanan pokok maupun sayuran untuk membedakannya dengan usaha ladang dan hortikultura sayur mayur dan bunga, meski usaha penanaman pohon buah masih disebut usaha perkebunan. Tanaman yang ditanam umumnya berukuran besar dengan waktu penanaman yang relatif lama, antara kurang dari setahun hingga tahunan.(wikipedia)

Berikut ini file pdf tentang undang undang perkebunan, peraturan pemerintah dan peraturan menteri tentang perkebunan kelapa sawit yang dapat anda download dalam bentuk pdf file.
Undang-Undang Tentang Perkebunan Kelapa Sawit

Undang-Undang

Undang – Undang No 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan DOWNLOAD

Undang-Undang, Nomor 18 Tahun 2004 Tentang Perkebunan DOWNLOAD

Peraturan Pemerintah

Peraturan Pemerintah, Nomor 31 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Wilayah Geografis Penghasil Produk Perkebunan Spesifikasi Lokasi DOWNLOAD

Instruksi Presiden

Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 1986, Tentang Pengembangan Perkebunan Dengan Pola Perusahaan Inti Rakyat yang Dikaitkan Dengan Program Transmigrasi DOWNLOAD

Peraturan Menteri

Peraturan menteri Pertanian Nomor 98 Tahun 2013 Tentang Pedoman Perizinan Usaha Perkebunan DOWNLOAD

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 14 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Produksi Pekebun DOWNLOAD

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 19 Tahun 2011 Tentang Pedoman Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Indonesian sustainable palm oil/ISPO) DOWNLOAD LAMPIRAN FILE

Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 29 Tahun 2003, Tentang Pedoman Syarat dan Tata Cara Perizinan Pemanfaatan Air Limbah Industri Minyak Sawit pada Tanah Di Perkebunan Kelapa Sawit DOWNLOAD


Demikianlah Artikel mengenai Undang-Undang Tentang Perkebunan Kelapa Sawit, semoga ada manfaatnya ya, dan saya sangat senang jika sobat dapat berkomentar atau memberi masukan mengenai tutorial diatas.

Jika ada sobat Blogger yang ingin berdiskusi seputar Postingan ini atau Postingan tentang Dunia Kebun Sawit, silahkan tinggalkan komentar sobat di kolom komentar blog ini. saya akan sangat senang meresponnya, terimakasih salam Antoncabon.

"Hendaknya kesibukan kita lebih berfokus pada penyempurnaan penunaian kewajiban-kewajiban kita kepada Tuhan, sebab Dia, Tuhan yang sekaligus Pemberi Rejeki pasti akan membalas penunaian kewajiban tersebut dengan anugrah-Nya yang akan mencukupi kebutuhan kita." my fav words!

About the Author

Nothing specials, but what i do not know , I learn fast... as fast as i ate pempek :)

3 komentar

  1. 👍
  2. Perkenalkan pak nama saya rian mau tanya nih, Bagaimana cara nya kita mengetahui efisien kah pengaplikasian limbah cair dan tandan kosong? Terimakasih
    1. Hallo mas Rian... terimakasih sudah berkomentar pada artikel UU tentang Perkebunan Sawit, menjawab pertanyaan dari mas rian tentang efisiensikah pengaplikasian limbah cair dan tandan kosong pada kebun sawit?

      Jika saya jawab disini mungkin terlalu panjang, namun saya coba persingkat sesuai dengan pengalaman saya dilapangan.

      Jika kita ingin mengetahui seberapa efisiensinya pengaplikasian limbah cair dan tandan kosong tentunya kita perlu membuat dan menetapkan indikatornya terlebih dahulu, misal contoh sederhana perubahan pada warna daun sawit.

      Buat plot demo, plot 1 menggunakan limbah cair dan tandang kosong, plot 2 tidak menggunakan.

      Indikator yang diamati adalah perubahan warna daun... tentunya akan ada perbedaan antara plot 1 dan plot 2.

      Tambahakan indikator yang lain menurut mas rian perlu dalam membuat kesimpulan seberapa efisienkah limbah cair dan tandan kosong... dan seterusnya.

      Semoga membantu :)
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.