Sebenarnya ini adalah artikel yang sudah pernah saya tulis di salah satu blog saya, yang memang khusus dibuat untuk komunitas pencinta Honda Accord Maestro, karena saya adalah salah satu pemilik dan pencinta kendaraan tersebut, nah sob mungkin dantara pembaca blog ini ada juga yang memiliki atau suka dengan kendaraan tersebut, silahkan baca artikel dibawah ini.
![]() |
Setting Irit Kendaraan Honda Accord Maestro |
Irit apa tidak adalah kata-kata yang sering kita dengar ketika ada pembicaraan seputar mesin suatu kendaraan, baik itu kendaraan roda empat, tiga, dua bahkan yang rodanya lebih dari empat pun hahaha, karena setting irit adalah salah satu trik mengatasi kenaikan harga bbm dewasa in,i maka perlu kita setting kendaraan kita agar lebih irit tentunya dengan memperhatikan aturan-aturan yang ada, hal ini akan berhubungan dengan tingkat keawetan dari mesin kendaraan kita sendiri. Pada tutor berikut ini saya akan berbagi tips setting irit pada accord maestro kesayangan kita, simak langkahnya di bawah ini:
Langkah sederhana untuk membuat irit pada accord maestro:
1. Setting pada RPM, jangan terlalu tinggi cukup 800 rpm kondisi iddle tanpa ac.![]() |
Body Throtel |
Caranya adalah putar mur seperti ditunjuk pada panah no 1. Putar sampai rpm sesuai.2. Setting Iddle UP AC jangan terlalu tinggi.
![]() |
Speedo Meter |
Posisi panah no 2 pada EACV. Putar sampai rpm naik menjadi 850 rpm. ( Mur bintang )3. Setting CO pada ECU.
panah no 5 adalah fast iddle. menggunakan cara mekanik termostat. Berguna untuk pemanasan di pagi hari. Kondisi fix tidak bisa di seting. Rpm saat pagi sekitar 1500 s/d 2000 rpm.
speedo.
![]() |
ecu |
Ecu maestro seperti halnya cielo atau genio masih menggunakan soket lama non OBD 1 atau OBD 2 Ecunya Fixed . Kita hanya bisa mnggunakan Engine analiser / diagnostic untuk melihat kerusakan sensor tanpa mensettingnya.
Posisi ECU dibawah kaki penumpang depan. Di bawah karpet.4. Setting pengapian
Setelan seperti tanda panah , adalah 180 derajat maksimal dari kiri ke kanan.
Apabila setelan kita putar CCW ( berlawanan jarum jam ) , maka CO makin tinggi. CW ( searah jarum jam ) CO makin rendah.
CO tinggi menujukkan bahwa campuran bahan bakar makin kaya.
Cara setting adalah : putar mur maksimal ke kanan ( miskin / Lean ) , lalu kurangi sekitar 10 s/d 15 derajat kekiri ( rich ).
![]() |
Distributor Accord Maestro |
Set waktu pengapian yang sesuai.5. Ganti saringan udara yang kotor.
Sebenarnya secara standart sudah ada patokan pabrikan untuk derajat pengapian.
Tapi untuk kondisi mobil yang sudah tua dan ada potensi banyak kerak di piston , maka patokan tersebut bisa sedikit berubah.
Maestro tidak memiliki ECU yang advance dengan sensor knocking seperti mobil2 terbaru , yang bisa memundurkan pengapian apabila ada sedikit knocking/ ngelitik.
jadi kita harus mensettingnya secara manual.
Putaran distributor advance ( maju ) adalah berlawanan dengan putaran mesin .
Putaran distributor mundur ( retarded ) adalah searah putaran mesin.
Cara mudah melihat arah putaran mesin adalah melihat putaran V- belt power steering atau AC saat mesin hidup.
Caranya untuk setting pengapian sbb :
Kendorkan 3 bautnya.
Putar dist ke depan atau ke belakang seperti pada foto.
Putar mendekati maksimal kebelakang agar pengapian maju / advanced.
Lalu lakukan trial error . start mobil. Masukkan gigi 2 . Gas maksimal sampai 4000 rpm atau lebih.
Akan terdengar suara knocking yang cukup keras.
Matikan mobil. Putar distributor ke depan ( retarded ) sedikit demi sedikit ( mungkin putaran setiap 1 mm / milimeter ).
Lakukan kembali langkah seperti langkah pertama yaitu gas mobil pada gigi 2.
Lakukan terus sampai suara kocking hilang.
Lalu kencangkan 3 baut distributor.
Apabila langkah dilakukan dengan benar , maka pengapian mobil sudah di stel maju maksimal ( limit ) tanpa ada knocking. Biasanya suara mobil lebih halus , dan tarikan lebih instan.
Kotoran akan mengurangi asupan usara ke mesin.
6. Cek kebocoran pada selang vacum.
7. Modifikasi kepala busi.
Modifikasi ini diilhami pada seting sepeda motor yang biasa digunakan untuk balapan.
yaitu memotong kepala busi dan menekuknya ke arah elektroda sbb:
busi standart:
![]() |
Setting Irit Kendaraan Honda Accord Maestro |
Busi Hasil Modifikasi :
![]() |
Setting Irit Kendaraan Honda Accord Maestro |
Tujuannya agar percikan api busi lebih besar dan arahnya direct ke ruang combustion. Awalnya saya skeptis dengan cara tersebut. Tetapi ternyata hasilnya diluar dugaan.8. Stel kerenggangan pada valve.
Cara yang sederhana tersebut ternyata menaikkan akselerasi di putaran bawah cukup instan.
![]() |
Setting Irit Kendaraan Honda Accord Maestro |
Pada kondisi mesin dingin :
Katup in : 0,25 mm
katup out : 0.3 mm
Penulis sudah mencoba kombinasi kerengganan katup dari 0,1 sampai 0,35.
Hasilnya yang memiliki kompromi tenaga dan FC yang terbaik adalah kerengganan 0,25 in dan 0,3 ex.
Setting renggang boleh dicoba untuk perbandingan:
Setting renggang 0,3 in dan 0,35 ex.
FC sedikit agak membaik , mungkin naik sekitar 0,2 km/liter. ( tidak terlalu signifikan )
Akselerasi sedikit lebih baik.
Suara mesin jauh lebih kasar. Terutama pada rpm diatas 2500.
Kalau menurut ane sih karena suara mesin kasar , dan seperti ada suara dengkuran kucing pada rpm 3000 keatas , jadi nggak rekomen.
9. Perhatikan kanpas kopling atau mataharinya .
10. Pakailah ban yang berukuran standart.
11. Mengmudilah dengan santai.
12. Perhatikan juga tekan angin pada ban.
Selamat Mencoba.
Sumber Artikel : HMRC INDONESIA