Beberapa Jenis Hama Pada Tanaman Sawit

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Sobat Blogger sekalian, sebelumnya saya sudah pernah membuat postingan yang berhubungan dengan dunia sawit seperti, jalan di kebun sawit, desain kebun sawit , survey areal sawit dan sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas hal yang berhubungan dengan Hama Tanaman Sawit yang berdampak negatif terhadap tanaman sawit itu sendiri, dibawah ini saya akan tuliskan sebagian nama-nama hama tanaman sawit pada umumnya yang sering dijumpai pada perkebunan sawit.

Jenis Hama Tanaman Sawit

1. Kumbang Malam
Terdapat dua jenis kumbang malam, yang pertama bernama latin Apogonia sp dengan ciri-ciri berwarna hitam dan panjang tubuh berkisar 9 mm , serta Adoretus sp yang berwarna coklat dengan panjang berkisar 10 mm.
Kedua kumbang tersebut di atas aktif dan keluar mencari makan pada waktu malam hari sehingga  disebut dengan Kumbang Malam.  Cara menyerang hama ini adalah dengan mengkikis lapisan apidermis helaian anak daun serta memakannya, sehingga akan terdapat lubang-lubang atau torehan helai daun.
Hama Kumbang Tanduk ini akan beristirahat pada waktu siang hari dan biasanya akan bersembunyi di bawah tanah dengan kedalam sekitar 2 cm atau berlindung di antara rerumputan sekitar tanaman sawit.

Apogonia
Beberapa Jenis Hama Pada Tanaman Sawit

2. Kutu Daun

Jenis yang paling sering dijumpai pada tanaman kelapa sawit adalah:

- Aphid berwarna hijau kemerah-merahan , tungkai sekitar badan berwarna putih berlilin, dan biasanya hidup pada helai daun atau pucuk yang belum terbuka.

Aphid


- Mealbug jenis kutu yang badannya dilapisi oleh lapisan lilin berwarna putih, jenis ini selain terdapat pada helai daun juga sering dijumpai pada leher akar bibit tanaman sawit.

Mealbug


Kedua jenis kutu ini biasa hidup bersama (simbiose) dengan berbagai jenis semut, sehingga jika kita menemukan semut baik didalam kantong maupun luarnya maka dapat dipastikan disitu juga terdapat kutu daun.

- Tungau Tanaman(spider mite)

Spider Mite


Berkembang dengan pesat terutama dimusim kering atau kemarau yang panjang, dan umumnya kutu tanaman ini menghisap cairan tanaman pada pucuk atau pada bagaian tanaman yang masih mudah, dan biasanya menyerang bibit tanaman sawit yang dapat berdampak pertumbuhan bibit menjadi lemah dan kerdil sehingga menyebabkan bibit  tanaman sawit menjadi peka terhadap infeksi berbagi penyakit tanaman sawit (Tentang Penyakit Tanaman Sawit akan kita bahas pada artikel khusus tentang penyakit tanaman sawit).

Hama Lainnya:

  1. Ulat Api (Setora nitens)
  2. Ulat Kantong (Miatasa Plana)
  3. Tikus (Rats)
  4. Belalang (Valanga nigricornis)
  5. Keong (Cryllus sp)
  6. Jangkrik (Snails)

Demikianlah sedikit ulasan yang menggambarkan beberapa jenis hama yang paling sering dijumpai pada tanaman sawit, semoga dapat menjadi info bermanfaat bagi kita, baca juga Jenis Penyakit Tanaman Sawit.

Baca Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Sawit

"Hendaknya kesibukan kita lebih berfokus pada penyempurnaan penunaian kewajiban-kewajiban kita kepada Tuhan, sebab Dia, Tuhan yang sekaligus Pemberi Rejeki pasti akan membalas penunaian kewajiban tersebut dengan anugrah-Nya yang akan mencukupi kebutuhan kita." my fav words!

About the Author

Nothing specials, but what i do not know , I learn fast... as fast as i ate pempek :)

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.