Stacking (Rumpuk Mekanis)

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
SPESIFIKASI TEKNIS RUMPUK MEKANIS

DESKRIPSI KEGIATAN

Stacking (Rumpuk Mekanis) adalah bagian dari urutan pelaksanaan pekerjaan Land Clearing (LC) setelah pekerjaan imas tebang dilakukan, dengan maksud mengumpulkan , memotong, mencabut tunggul dan lain-lain dengan menggunakan alat berat Excavator, Bulldozer atau manual atau sejenisnya.

Antoncabon Kebunsawit


Kategori Lahan :

a. Rumpuk Mekanis Lahan Rendahan (rawa) menggunakan excavator
b. Rumpuk Meknis Lahan Kering (darat) menggunakan bulldozer


Lingkup pekerjaan :

1. Persyaratan alat kerja.


Excavator PC 200 atau PC 100 atau alat sejenisnya dengan menggunakan bucket atau grapple yang berfungsi untuk mengumpulkan , memotong , mencabut tunggul dan lain-lain diantara dua jalur as stacking yang didalamnya terdapat 2 jalur atau 4 jalur /baris tanaman dengan jarak 15.56 meter (dua Jalur tanaman/ 1:2 antara 2 as jalur rumpuk) atau untuk jarak 31.13 meter ( 4 jalur tanaman/1:4 antara 2 as jalur rumpuk).


2. Teknis Pelaksanaan Pekerjaan

a. Pekerjaan pembuatan pancang as stacking.
Pancang as stacking merupakan pancang/patok yang menjadi acuan/arahan kerja operator yang dibuat pada sepanjang jalan-jalan koleksi dengan jarak antar pancang 15.56 meter (2 as jalur rumpuk) dengan arah tegak lurus dengan arah jalan produksi. Alat kerja yang digunakan Kompas SUUNTO , meteran 50 meter atau tali slink.
b. Unit PC 100 atau PC 200 dengan menggunakan bucket atau grapple melakukan kegiatan stacking/merumpuk dengan spesifikasi sebagai berikut :
- Kepala atau ekor jalur rumpukan yang berbatasn langsung dengan jalan atau parit diberi jarak 2-3 meter.
- Jalur Rumpukan disusun dengan rapi dan lurus, susunan kayu/ranting atau sampah tanaman disusun sejajar dengan arah jalur rumpukan.
- Jalur rumpukan disusun dengan rapat/padat dengan cara ditekan dengan bucket atau grapple sehingga ketinggian tidak melebihi 1 meter (≤ 1.00 meter) dan lebar 2-4 meter tidak menggangu jalur tanam.
- Jalur rumpukan harus bersih dari tunggul, akar-akaran, anak kayu atau tidak mengganggu jalur tanam (kecuali tunggul ≥ 30 cm akan dilakukan pekerjaan potong tunggul/pekerjaan cincang rumpuk dengan menggunakan chainsaw.
- Pada jalur rumpukan yang dekat kearah parit dipasang kayu log sebagai jembatan penyebrangan (titi pikul)
- Jalur rumpukan berada di jalur mati
- Lebar rumpukan dibuat selebar 2 s/d 4 meter as
- Tidak melakukan kegiatan pembakaran lahan (Zerro Burning)


Stacking Mekanis
Stacking Mekanis

"Hendaknya kesibukan kita lebih berfokus pada penyempurnaan penunaian kewajiban-kewajiban kita kepada Tuhan, sebab Dia, Tuhan yang sekaligus Pemberi Rejeki pasti akan membalas penunaian kewajiban tersebut dengan anugrah-Nya yang akan mencukupi kebutuhan kita." my fav words!

About the Author

Nothing specials, but what i do not know , I learn fast... as fast as i ate pempek :)

2 komentar

  1. Makasih atas tutorialnya....
    1. Sama-sama om... terimkasih atas kunjungannya.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.